Jamu antidiabetes JAMSI dapat menurunkan kadar glukosa darah

June 23, 2019

Diabetes melitus (DM) adalah kondisi dimana kadar glukosa dalam darah terlampau tinggi dan tubuh tidak mampu memprosesnya. Kadar gula yang tinggi dalam darah dapat menimbulkan komplikasi masalah kesehatan lain yang cukup serius dan tidak jarang berujung pada kematian. Menurut data dari Kementerian Kesehatan Indonesia, pada tahun 2013 terdapat sekitar 12 juta masyarakat Indonesia yang mengalami DM. Untuk mengatasi kondisi DM, seseorang dapat mengkonsumsi obat khusus diabetes ataupun melakukan terapi insulin untuk menurunkan kadar gula darah. Salah satu obat antidiabetes dengan bahan alami telah dikembangkan oleh PT. Mahkotadewa Indonesia yang dinamai JAMSI.

Dosen Biokimia, Dr. Waras Nurcholis, bersama dengan Pusat Studi Biofarmaka Tropika – IPB dan PT. Mahkotadewa telah mempublikasikan hasil penelitian bersama yang membuktikan bahwa sediaan jamu antidiabetes JAMSI berkhasiat menurunkan kadar glukosa dan hemoglobin terglikosilasi (HbA1C) dalam darah. Semoga hasil penelitian ini dapat memberikan manfaat untuk masyarakat umum, khususnya dalam membantu menanggulangi penyakit diabetes di Indonesia.

Berikut abstrak dari publikasi khasiat jamu JAMSI:

Khasiat Jamu Antidiabetes pada Tikus Sprague Dawley yang Diinduksi Streptozocin

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan khasiat JAMSI, Jamu antidiabetes PT. Mahkotadewa Indonesia, secara preklinis pada tikus diabetes yang diinduksi dengan streptozotocin. Tikus jantan Sprague Dawley sebanyak 36 ekor dibagi secara acak menjadi 6 kelompok (masing-masing kelompok 6 tikus): kelompok normal, kelompok kontrol diabetes (diinduksi + air saline), kelompok kontrol positif (diinduksi + Glibenclamide 2.5 mg/kg BB), dan tiga kelompok perlakuan (diinduksi + JAMSI dengan dosis 0.27, 0.81, dan 1.62 ml/kg BB). Perlakuan diberikan selama 28 hari setelah diinduksi dengan streptozotocin. Pemberian JAMSI 1.62 ml/kg BB terbukti mempengaruhi penurunan kadar glukosa darah dan hemoglobin terglikosilasi (HbA1C) dibandingkan kelompok diabetes. Hasil ini mengindikasikan bahwa JAMSI berkhasiat sebagai antidiabetes.

Read online