gebze evden eve nakliyat - uluslararası evden eve nakliyat Shell Shockers Unblocked Atari Breakout Play Snake Friv Canlı Maç Sonuçları iqoskits.com Düğün Paketleri Krunker shell shockers madalin stunt cars 2
knight online pvp
hacklink

Program Pascasarjana (S2)

Profil

Program Studi (PS) S2 Biokimia merupakan salah satu program studi yang diselenggarakan oleh Departemen Biokimia, Institut Pertanian Bogor. Departemen Biokimia terbentuk berdasarkan Surat Keputusan Rektor IPB No.001/K13/PP/2005 dengan mandat Mengembangkan Ilmu Dasar, Konsep dan Metode dalam Bidang Biokimia.
Rumusan visi, misi, tujuan dan sasaran PS S2 Biokimia disusun sesuai dengan mekanisme proses seperti tersaji pada Gambar 1.1. Rumusan visi dan misi disusun dengan memperhatikan beberapa faktor, yaitu visi dan misi institusi (Sekolah Pascasarjana dan IPB), visi misi world class university, dan perkembangan kebutuhan masyarakat serta stakeholders lainnya.

Status akreditasi : B

 

Kompetensi Lulusan

  1. Mampu menguasai teori biokimia dan aplikasinya yang ditunjang dengan kemampuan dalam: (a) menguasai fungsi dan operasional instrumen mutakhir, (b) menguasai proses biotransformasi, biosintesis atau bioanalisis bahan hayati; serta (c) menguasai aplikasi bioteknologi bidang biokimia yang relevan;
  2. Mampu memecahkan masalah IPTEKS terkait pemanfaatan sumber daya hayati melalui pendekatan eksperimental, deduksi teoretis atau komputasi/simulasi, dan pendekatan secara inter- atau multidisiplin, dicirikan dengan dihasilkannya karya yang berpotensi untuk diaplikasikan dalam memecahkan masalah IPTEKS tersebut.
  3. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan biokimia dan aplikasinya dengan menghasilkan model/metode/pengembangan teori yang akurat, teruji, inovatif, dan dapat dipublikasikan secara saintifik pada jurnal ilmiah yang terakreditasi nasional atau internasional;

 

Learning Outcome

  1. Mampu mengembangkan dan memutakhirkan pengetahuan dan teknologi di bidang Biokimia melalui riset di bidang Biokimia Pertanian dan Lingkungan, Bioenergetika, Keteknikan Biokimia & Enzimologi, dan Biokimia Medis untuk menghasilkan karya inovatif yang teruji
  2. Mampu memecahkan permasalahan sains dan teknologi dalam Biokimia di bidang Biokimia melalui riset di bidang Biokimia Pertanian dan Lingkungan, Bioenergetika, Keteknikan Biokimia & Enzimologi, dan Biokimia Medis melalui pendekatan inter atau multidisipliner
  3. Mampu mengelola riset biokimia dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional

 

Kurikulum

Kurikulum PS S2 Biokimia dibentuk berdasarkan SK Rektor IPB No. 05/K13/PP/2006 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Sistem Mayor Minor Program Pendidikan Pascasarjana IPB dan disesuaikan dengan aturan yang berlaku di level nasional (Kepmendiknas No. 232/U/2000). Kurikulum yang telah dirumuskan dijabarkan dan dicantumkan dalam Buku Katalog Sekolah Pascasarjana 2013 Institut Pertanian Bogor yang terus disempurnakan. Pada dasarnya struktur kurikulum pendidikan PS S2 Biokimia terdiri atas: (1) Kelompok mata kuliah program studi (MKPS) yang mencakup: Mata kuliah wajib SPs, Mata kuliah wajib mayor PS, dan Mata kuliah pilihan mayor PS; (2) Kolokium (pemaparan usulan penelitian) dan Seminar Hasil Penelitian; dan (3) Penelitian dan Penulisan Tesis.

 

Rincian Satuan Kredit Semester (SKS) adalah sebagai berikut:

  • Matakuliah wajib SPs = 6 sks
  • Matakuliah wajib mayor PS S2 Biokimia = 17 sks
  • Matakuliah pilihan mayor PS S2 Biokimia = 8 sks
  • Kolokium (1 sks) dan Seminar (1 sks) = 2 sks
  • Penelitian dan Penulisan Tesis = 6 sks

Total sks untuk memperoleh derajat S2 Biokimia = 39 sks

 

Tugas-tugas Khusus:

  1. Kolokium atau seminar proposal penelitian. Mahasiswa dapat melakukan kolokium apabila berstatus sebagai mahasiswa aktif. Materi yang disajikan dalam kolokium adalah draft usulan penelitian yang telah disetujui oleh Komisi Pembimbing.
  2. Bagi mahasiswa yang memperoleh nilai dibawah 3 setelah mengikuti ujian, diberi kesempatan untuk ujian ulangan sampai mendapat nilai 3, namun jika sudah dilakukan ujian ulangan masih belum memperoleh peningkatan, maka capaian nilai terbaik yang digunakan.

 

Penelitian Tesis diatur sebagai berikut:

  1. Penelitian tesis bisa dilakukan setelah mahasiswa menempuh ≥ 9 sks kumulatif dengan IPK ≥ 3.25
  2. Dalam penelitian tesis, mahasiswa dibimbing oleh dua orang dosen pembimbing yaitu Ketua dan Anggota Komisi Pembimbing. Penentuan pembimbing didasarkan pada SK Dekan SPs IPB setelah menerima usulan dari Ketua Program Studi (POB-SPs 05).
  3. Sebelum melakukan penelitian tesis, mahasiswa diwajibkan melakukan kolokium (menyeminarkan proposal penelitiannya (tesis)) di dalam suatu forum seminar yang diatur oleh Program Studi yang dimaksud untuk memperoleh masukan perbaikan perencanaan kegiatan penelitian. Proposal yang akan diseminarkan harus memperoleh persetujuan dari kedua komisi pembimbing tesis.
  4. Seminar proposal tesis dihadiri sekurang-kurangnya sebanyak sepuluh mahasiswa dan satu dosen pembimbing. Mahasiswa yang diundang dalam seminar proposal tesis tidak harus satu angkatan bisa berasal dari angkatan sebelum maupun sesudahnya.
  5. Setelah menyeminarkan proposalnya, mahasiswa diwajibkan melakukan revisi proposal tersebut paling lama dua minggu setelah dilakukan seminar.
  6. Berdasarkan proposal yang telah disetujui oleh kedua pembimbing dan ketua Program Studi, mahasiswa melakukan penelitian di laboratorium/lapangan dengan mengikuti prosedur dalam pelaksanaan penelitian tesis (POB-SPs 09).
  7. Hasil kegiatan penelitian tesis diseminarkan dengan membuat makalah seminar yang disetujui komisi pembimbing. Mahasiswa dapat melakukan seminar apabila berstatus sebagai mahasiswa aktif. Sebelum melakukan seminar, mahasiswa wajib menghadiri seminar 13 (tiga belas) kali, minimal tujuh kali pada kelompok keilmuannya dan sisanya merata pada kelompok keilmuan lainnya. Pemilihan kelompok keilmuan dilakukan oleh mahasiswa bersama-sama dengan komisi pembimbing dan atau ketua program studi. Ketentuan dan tahapan pelaksanaan seminar diatur dalam POB-SPs 11. Durasi seminar adalah satu jam dengan rincian presentasi 20-25 menit, diskusi dan komentar (termasuk komisi pembimbing) 35-40 menit. Seminar dipandu oleh panitia seminar.
  8. Setelah laporan penelitiannya tersusun (berupa tesis) dan disetujui oleh kedua pembimbing, mahasiswa berhak meminta kepada pengelola program studi untuk diujikan tesisnya.
  9. Ujian tesis dilaksanakan oleh sebuah tim penguji yang terdiri atas tiga orang, yaitu seorang ketua dan anggota komisi pembimbing serta satu penguji luar komisi yang ditetapkan oleh program studi.
  10. Ujian tesis dapat dilaksanakan apabila mahasiswa yang bersangkutan: (1) telah lulus semua mata kuliah termasuk seminar (dengan IPK ≥ 3.0); (2) draf tesis yang telah disetujui oleh komisi pembimbing; (3) telah lulus matakuliah/ kualifikasi bahasa inggris; (4) memiliki minimal satu naskah jurnal ilmiah yang berkenaan dengan materi tesis yang siap publikasi dan disetujui oleh ketua komisi pembimbing. Tatalaksana dan persyaratan diatur dalam POB-SPs 12.
  11. Apabila setelah ujian tesis mahasiswa dinyatakan lulus dengan revisi maka mahasiswa yang bersangkutan wajib merevisi sesuai keputusan tim penguji dengan waktu maksimal 3 bulan. Bukti bahwa mahasiswa telah melakukan revisi adalah dengan ditandatanganinya tesis tersebut oleh tim penguji dan ketua Program Studi.
  12. Tanggal lulus mahasiswa adalah berdasarkan tanggal persetujuan revisi terakhir dari anggota penguji. Pada tahap ini tesis telah dijilid dengan rapi (hard cover), dengan warna cover sesuai dengan ketentuan dari program studi.

Tahap terakhir adalah pengesahan tesis oleh Dekan SPs IPB. Pengesahan dilakukan setelah tesis tersebut ditandatangani oleh komisi pembimbing dan memperoleh hasil pengesahan dari Ketua Program Studi.

 

 

Silabus

Smt Kode MK Nama Mata Kuliah(1) Bobot SKS SKS MK dalam Kurikulum Kelengkapan(3) Unit/ Jur/ Fak Penyelenggara
Inti(2) Insti-tusional Deskripsi Silabus SAP
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10)
Mata Kuliah Wajib Pascasarjana
I PPS 500 Bahasa Inggris 3 3 P P P Pascasarjana
I STK 511 Analisis statistik 3 3 P P P Dept. Statistik
Mata Kuliah Wajib Program Studi S2 Biokimia
I BIK 501 Biokimia Komparatif 2 2 P P P PS S2 Biokimia
I BIK 502 Biokimia Molekuler 2 2 P P P PS S2 Biokimia
I BIK 521 Kinetika dan Aplikasi Enzim 3 3 P P P PS S2 Biokimia
sub total 13
II BIK 511 Metabolisme Biomakromolekul 2 2 P P P PS S2 Biokimia
II BIK 503 Metodologi Penelitian Biokimia 1 1 P P P PS S2 Biokimia
II BIK 504 Teknik Penelitian Biokimia 3 3 P P P PS S2 Biokimia
II BIK 505 Biomimetik Analog 2 2 P P P PS S2 Biokimia
II BIK 506 Teknologi DNA 2 2 P P P PS S2 Biokimia
II Mata Kuliah Pilihan Mayor 2 2
sub total 12
III PPS 601 Kolokium 1 1 P P P Pascasarjana
III Mata Kuliah Pilihan Mayor 6 6
sub total 7
IV PPS 690 Seminar 1 1 P P P Pascasarjana
IV PPS 699 Penelitian dan Penulisan Tesis 6 6 P P P Pascasarjana
sub total 7
Mata Kuliah Pilihan Mayor
Biomolekul & Bioenergetika BIK 614 Biokimia Lipid 3 P P P PS S2 Biokimia
BIK 621 Struktur dan Fungsi Protein 3 P P P PS S2 Biokimia
BIK 623 Teknologi Hidrogen 3 P P P PS S2 Biokimia
Biokimia Medis: Metabolisme, Keteknikan & Aplikasi BIK 631 Biokimia dan Bioteknologi Mikrob 2 P P P PS S2 Biokimia
BIK 612 Biotoksikologi 3 P P P PS S2 Biokimia
BIK 611 Metabolisme Senyawa Metabolit Sekunder 3 P P P PS S2 Biokimia
BIK 615 Patobiologi Aterosklerosis 2 P P P PS S2 Biokimia
BIK 622 Terapi Gen 2 P P P PS S2 Biokimia
Biokimia Teknologi & Aplikasinya BIK 632 Biochip 3 P P P PS S2 Biokimia
BIK 627 Bionanoteknologi Medis 3 P P P PS S2 Biokimia
BIK 633 Biosensor Molekuler 3 P P P PS S2 Biokimia
BIK 626 Nanoteknologi Asam Nukleat 2 P P P PS S2 Biokimia
Biokimia Pertanian BIK 625 Artifisial Fotosintesis 3 P P P PS S2 Biokimia
BIK 613 Metabolisme Tumbuhan 3 P P P PS S2 Biokimia
BIK 624 Teknik Pengembangan Tanaman yang Adaptif terhadap Perubahan Iklim 3 P P P PS S2 Biokimia
Total SKS 39 25 14

 

Daftar Pembimbing Akademik

krunker iosaç ekimi hair transplant free tetris zombs royale canlı maç sonuçları run 3 elektronik sigara lady popular krunker friv shell shockers tank trouble madalin stunt cars 2 happy wheels likit
ford 2000 tractor for sale craigslist uluslararası evden eve nakliyat gebze evden eve nakliyat
canlı maç sonuçları 1999 ford f150 price ankara nöbetçi eczane aztec cat
Gülseven Cami Halıları hair transplant istanbul catunited.com
gebze evden eve nakliyat ko cuce ford svt boss mustang 10.0 l concept etimesgut nöbetçi eczane Turkish Van Cat
krunker io free tetris zombs royale canlı maç sonuçları run 3 elektronik sigara игры