Kerjasama IPB dan MU

September 4, 2019

IMG 20181111 162437Kerjasama Departemen Biokimia, IPB University, Indonesia dengan Department of Biochemistry, University of Missouri at Columbia- Missouri, Amerika Serikat

Departemen Biokimia IPB, sebagai pelopor program studi Biokimia di Indonesia, berkesempatan untuk menjalin hubungan kerjasama dengan Department of Biochemistry, University of Missouri (MU), Amerika. Departemen Biokimia IPB, diwakili oleh Drh. Sulistiyani, MSc.,Ph.D. telah melakukan kunjungan ke University of Missouri pada Desember 2015, Agustus 2017, dan Oktober/November 2018 untuk merumuskan nota kesepahaman (memorandum of agreement, MoA). Tujuan dari kerjasama ini ialah dalam rangka mendukung kerjasama riset dan akademik yang bersifat mutual bagi kedua institusi. Selain itu, kerjasama ini juga mendukung pengembangan kapasitas keilmuan kedua institusi dalam bidang genomik, proteomik, metabolomik, dinamika molekul, transduksi sinyal, senyawa bioaktif untuk kesehatan, biokimia pertanian dan biokimia lingkungan (bioremediasi, pengembangan tanaman). Bagi Departemen Biokimia, kerjasama ini juga bertujuan untuk mengembangkan kurikulum biokimia bagi mahasiswa program sarjana dan magister biokimia IPB, serta mempersiapkan kurikulum untuk program doktor biokimia.

Salah satu rumusan dari MoA tersebut ialah kesepakatan untuk mobilitas dosen dan mahasiswa pascasarjana biokimia dalam rangka melakukan riset bersama. Tentunya, melalui kerjasama ini, para dosen biokimia akan dapat mengembangkan keahlian masing-masing dalam melakukan riset bertaraf internasional. Hal ini seiring dengan visi IPB untuk menuju kampus berbasis riset dan unggul dalam bidang pertanian pada level internasional. Melalui kerjasama ini, mahasiswa pascasarjana biokimia  akan mendapatkan kesempatan untuk mengakses informasi-informasi yang faktual terkait penelitian di bidang biokimia pada level internasional, dan mendapatkan pengalaman akademik dan riset dari perspektif yang baru sehingga dapat memunculkan ide-ide yang kreatif dan inovatif. Hal tersebut mendukung tercapainya lulusan IPB yang memiliki kemampuan techno-sociopreneur di era 4.0 dan mampu bersaing pada level internasional. Diharapkan hubungan kerjasama Departemen Biokimia dengan MU dapat memperkuat posisi Departemen Biokimia dan IPB University di dunia internasional.

IMG 20181026 091802

Ibu Sulis dengan David W. Emerich (kiri) dan William R. Folk (kanan)

IMG 20181111 162437

Ibu Sulis dan Mark Hannink, Professor of Biochemistry