Joint Degree Initiation

June 8, 2024

 

Program Joint Degree antara Program Studi Magister Biokimia, FMIPA, IPB University dengan College of Medicine, Chang Gung University, Taiwan

 

Sebuah langkah maju dalam dunia pendidikan tinggi ditandai dengan peluncuran program Joint Degree antara PS Magister Biokimia, FMIPA, IPB University dengan College of Medicine, Chang Gung University, Taiwan. Acara Focus Group Discussion (FGD) yang berlangsung di IPB Convention Center, Bogor, dihadiri oleh pejabat kedua dekan FMIPA, IPB University dan College of Medicine, Chang Gung University, dosen PS Magister Biokimia, FMIPA, IPB University, PS Master’s Molecular Medicine in Emerging Viral Infections, PS Master’s Medical Biotechnology, ketua Perhimpunan Biokimia dan Biologi Molekuler Indonesia (PBBMI), guru besar Universitas Kristen Indonesia, mahasiswa doktoral College of Medicine, Chang Gung University, serta mahasiswa PS Magister Biokimia, FMIPA, IPB University.

 

Dalam sambutannya, Dekan FMIPA, IPB University, Dr. Berry Juliadi, S.Si., M.Si menyampaikan rasa bangganya atas kerjasama ini. “Program Joint Degree ini bukan hanya simbol dari hubungan baik antara dua universitas, tetapi juga langkah konkret dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Kami berharap para mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan mendalam, serta mampu berkompetisi di kancah global,” ujarnya.

 

Dekan College of Medicine, Chang Gung University, Taiwan, Prof. Jim Tong-Horng, juga menyampaikan antusiasmenya. “Kerjasama ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa dari kedua universitas untuk belajar dan merasakan budaya akademik yang berbeda. Ini adalah bentuk nyata dari komitmen kami dalam mendukung mobilitas akademik dan memperkuat jejaring internasional,” katanya.

 

Pihak College of Medicine, Chang Gung University, Taiwan menawarkan berbagai beasiswa bagi mahasiswa yang akan mengikuti Program Joint Degree ini. Salah satunya yaitu, Taiwan Experience Education Program (TEEP) dengan fasilitas pembebasan biaya kuliah dan tunjangan USD500/bulan selama mengikuti program short-term intern scholarship ini. Selain itu, akan diberikan akomodasi berupa asrama dan biaya hidup ~USD200 – 300/bulan.

 

Program Joint Degree ini memungkinkan mahasiswa untuk menempuh studi selama satu tahun di, IPB University dan satu tahun berikutnya di Chang Gung University. Setelah menyelesaikan program, mahasiswa akan mendapatkan gelar dari kedua universitas. Program ini mencakup berbagai bidang studi seperti biokimia, bioteknologi, mikrobiologi, virologi, dan genomik.

 

Salah satu mahasiswa yang mengikuti FGD ini, Mahmudah, mengatakan bahwa “Melalui FGD ini saya berharap dengan belajar di dua universitas ternama akan memberikan mahasiswa perspektif yang sangat luas. Di Chang Gung University, mahasiswa akan belajar cara berpikir kritis dan analitis yang lebih mendalam, sementara di IPB University, mahasiswa akan mendapatkan pemahaman kontekstual yang kuat tentang bagaimana teori biokimia yang diterapkan” ungkapnya.

 

Dengan kerjasama ini, kedua universitas berharap dapat terus menjalin hubungan yang lebih erat dan menciptakan lebih banyak peluang bagi generasi muda. Semoga program ini menjadi inspirasi bagi institusi pendidikan lainnya untuk berinovasi dan berkolaborasi demi masa depan yang lebih cerah.