PENDAFTARAN AKADEMIK IPB
Administrasi Surat
Komisi Akademik Program Studi Sarjana dan Pascasarjana Departemen Biokimia FMIPA IPB melayani pengajuan surat bagi mahasiswa. Mahasiswa dapat mengajukan permohonan pembuatan surat untuk beragam keperluan kegiatan akademik.
Jenis Surat yang Umum Diajukan:
- Surat Keterangan Aktif
- Surat Izin Kuliah atau Praktikum
- Surat Bentrok Jadwal MK Mayor dengan Supporting Course [SC]
- Surat Izin Praktik Lapang [Individu maupun Kolektif]
- Surat Pengantar Praktik Lapang [Setelah Izin PL diterima Perusahaan/Instansi]
- Surat Keterangan Student Exchange/Magang/Aktivitas Serupa Lainnya
- Lainnya
Prosedur Pengajuan Surat:
- Pengajuan Administrasi Surat ke Komisi Akademik Dept Biokimia.
- Mahasiswa mengisi form pengajuan surat di link ADM SURAT
- Mahasiswa mengisi informasi yang diperlukan di link tersebut diantaranya Jenis Pengajuan Surat, Tujuan Surat, dan lain-lain.
- Mahasiswa Konfirmasi ke Ibu Indri [Staff Komdik S1] atau Bpk Fahmi [Staff Komdik S2] secara TATAP MUKA/WhatsApp.
- Surat akan diproses oleh Tendik di Komisi Akademik maksimal 5 hari kerja.
- Surat yang telah selesai akan dikirim via email/WA yang terdaftar atau Mahasiswa dapat langsung mengambil ke sekretariat Departemen Biokimia.
- Jika ada pertanyaan lain, silahkan Hubungi Staff Komdik.
Pengajuan Surat:
Kontak:
- Ibu Indri: 0856-8852-019 (Mahasiswa Sarjana)
- Bpk Fahmi: 0838-1948-4145 (Mahasiswa Pascasarjana)
Praktik Lapang
BIK300 Praktek Lapang 2 (0-2)
Kegiatan ini dilakukan di lembaga Penelitian Pemerintah atau di Perusahaan Swasta dalam rangka pengembangan kemampuan mahasiswa, serta bertujuan untuk memperluas wawasan mahasiswa mengenai profesi keilmuannya.
Lembaga Penelitian atau Instansi:
- Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)
-
Pusat-Pusat Studi
LPPM IPB:
- Pusat Studi Satwa Primata (PSSP)
- Pusat Studi Biofarmaka Tropika (Trop BRC)
- Pusat Penelitian Surfaktan dan Bioenergi (SBRC)
- Lainnya
- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan sejenisnya
- Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Pascapanen dan sejenisnya
- Biofarma Indonesia dan sejenisnya
- Lab Klinik Prodia atau sejenisnya
- Rumah Sakit Umum Daerah dan sejenisnya
- Pusat Laboratorium dan Forensik (Puslabfor) POLRI
- PT Saraswanti Indo Genetech (SIG) atau sejenisnya
- Industri Makanan, Obat, dan lainnya yang relevan dengan keilmuan Biokimia
Persyaratan Dokumen:
- FORM01 Pendaftaran PL
- FORM02 Biodata Peserta PL
- FORM03 Data Perusahaan Instansi PL
- FORM04 Pernyataan Pembimbingan Lapang
- Penamaan dokumen mengikuti: Ahmad_G84190001_Pendaftaran PL
Prosedur Pendaftaran Praktik Lapang (PL):
- Mahasiswa mencari instansi untuk tempat PL sesuai minat masing-masing.
- Mahasiswa telah memiliki instansi yang menerima PL secara Unofficial.
- Mahasiswa mengunduh dan mengisi identitas pada Formulir: FORM 01, FORM02, FORM03, FORM04.
- Mahasiswa mendaftar kegiatan Praktik Lapang pada link DAFTAR PL dengan mengupload FORM01 & FORM02 tersebut.
- Mahasiswa mengajukan permohonan Surat Ijin Praktik Lapang dan Surat Pengantar Praktik Lapang ke ADM SURAT.
- Mahasiswa konfirmasi ke Ibu Indri (Staff Komdik) secara TATAP MUKA.
- Komdik memeriksa kelengkapan dokumen.
- Komdik menerbitkan Surat Ijin Praktik Lapang dan Surat Pengantar Praktik Lapang.
- Pengumpulan FORM03 & FORM04 ke Komdik dapat dilakukan sebelum kegiatan PL berakhir.
Pendaftaran Praktik Lapang:
Kontak:
- Ibu Indri: 0856-8852-019 (Mahasiswa Sarjana)
SIDANG PRAKTIK LAPANG
Sidang PL adalah kegiatan mempresentasikan hasil kegiatan PL yang dilakukan mahasiswa PL di hadapan penguji PL selama durasi waktu 50 Menit. Saat menjalani sidang PL, mahasiswa diuji oleh 2 orang penguji, yaitu dosen pembimbing dan satu orang dosen atau staf pengajar Departemen Biokimia yang ditunjuk. Adapun pembimbing Lapangan tidak ikut menguji pada sidang PL.
PERSYARATAN DOKUMEN :
- Draft Laporan PL yang sudah ditandatangani Pembimbing Lapang dan Pembimbing Akademik [Softfile & Hardfile]
- Log Book [Hardfile]
- Tabel Log Book PL yang telah diparaf Pembimbing Lapang [Softfile] [FORM05]
- Daftar Hadir yang sudah diparaf Pembimbing Lapang [FORM06]
- Surat Keterangan Selesai PL [FORM07]
- FORM08, FORM09, FORM10, FORM11 yang telah diisi identitas mahasiswa
- Penamaan dokumen mengikuti : Ahmad_G84190001_Nilai Sidang PL
PROSEDUR PENDAFTARAN SIDANG PRAKTIK LAPANG [PL] :
- Mahasiswa telah menyelesaikan Praktik Lapang
- Mahasiswa mengunduh dan mengisi identitas pada Formulir : FORM08, FORM09, FORM10, FORM11 untuk di-Upload
- Mahasiswa melengkapi SYARAT DOKUMEN
- Mahasiswa mendaftar Sidang Praktik Lapang pada link DAFTAR SIDANG PL dengan mengupload Syarat Dokumen tsb
- Mahasiswa konfirmasi ke Ibu Indri [Staff komdik] secara TATAP MUKA dan menyerahkan Log Book dan Draft Laporan PL [Hardfile]
- Komdik memeriksa kelengkapan dokumen
- Komdik mengirimkan Undangan & Dokumen lainnya ke Dosen Pembimbing & Penguji
PENDAFTARAN SIDANG PRAKTIK LAPANG :
Kontak :
- Ibu Indri [0856-8852-019] [Mahasiswa Sarjana]
KOLOKIUM
Kolokium merupakan tugas rutin mahasiswa program sarjana. Kolokium berkaitan dengan usulan penelitian skripsi yang telah disetujui oleh Tim Dosen Pembimbing. Mahasiswa mempresentasikan usulan penelitian tersebut di muka kelas yang dihadiri oleh Tim Dosen Pembimbing, Dosen Penguji/Moderator yang merupakan Dosen Tetap Departemen Biokimia dan Mahasiswa lainnya minimal 10 orang, dengan maksimum SKS sama dengan 1. Mahasiswa dapat melaksanakan kolokium jika telah memenuhi syarat tertentu.
SYARAT KOLOKIUM :
- Mahasiswa aktif Departemen Biokimia
- Telah melunasi SPP dan mengisi KRS pada semester berjalan
- Telah mencapai minimum 110 SKS
- Telah mengikuti kolokium mahasiswa lain sebanyak 10 kegiatan
- Memiliki draft usulan penelitian yang disetujui Dosen Pembimbing
PERSYARATAN DOKUMEN :
- FORM01 [Hardfile]
- Scan Kartu Kolokium [minimal 10 kehadiran]
- Resume Usulan Penelitian
- Draft Usulan Penelitian yang telah disetujui Pembimbing [Softfile & Hardfile]
- FORM03, FORM04, FORM05 yang telah diisi identitas [terpisah; *.doc]
- Penamaan dokumen mengikuti : Ahmad_G84190001_Nilai Kolokium
PROSES PENDAFTARAN :
- Kolokium diselenggarakan pada Jadwal yang telah ditentukan oleh Komdik dan diketahui oleh Pembimbing dan Moderator
- Mahasiswa mengunduh & mengisi Identitas pada Formulir Kolokium : FORM01, FORM03, FORM04 dan FORM05
- Mahasiswa melengkapi SYARAT DOKUMEN untuk di Upload
- Mahasiswa mendaftar kolokium H-7 dari Jadwal Kolokium pada link DAFTAR KOLOKIUM dengan meng-upload dokumen dan Formulir-Formulir di atas
-
Mahasiswa mengumpulkan
FORM01 & Draft Usulan Penelitian secara Hardfile dan konfirmasi pendaftaran ke Ibu Indri [Staff Komdik] secara TATAP MUKA - Staff Komdik mengirimkan Undangan & Dokumen lainnya ke Dosen Pembimbing & Moderator
PENDAFTARAN KOLOKIUM :
Kontak :
- Ibu Indri [0856-8852-019] [Mahasiswa Sarjana]
Catatan: Untuk konsumsi seminar (Pembimbing 1, Pembimbing 2, dan Penguji) Mahasiswa bisa menyediakan/membeli terlebih dahulu, nanti untuk penggantiannya bisa diganti oleh Bendahara Unit maksimal Rp 50.000,- (melampirkan nota pembelian)
SEMINAR POSTER
Seminar adalah penyajian hasil-hasil penelitian skripsi dalam suatu forum ilmiah Program Studi untuk mendiseminasikan hasil penelitian, baik secara tertulis maupun secara lisan, menyerap masukan dari forum untuk penyempurnaan skripsi, menambah wawasan ilmiah, dan meningkatkan kompetensi komunikasi ilmiah serta memberikan cara penulisan berbagai karya ilmiah yang mencakup penulisan laporan, termasuk juga cara penyampaian dan penyajian data, pembuatan slide/poster.
PERSYARATAN DOKUMEN :
- FORM01 [Hardfile]
- Scan Kartu Seminar [minimal 10 kehadiran]
- Ringkasan Hasil Penelitian
- Draft Skripsi yang telah disetujui Pembimbing [Softfile & Hardfile]
- FORM03, FORM04, FORM05 yang telah diisi identitas [terpisah; *.doc]
- Penamaan dokumen mengikuti : Ahmad_G84190001_Nilai Seminar
PROSES PENDAFTARAN :
- Seminar Poster diselenggarakan pada Jadwal yang ditentukan oleh Komisi Akademik
- Mahasiswa Mengunduh & Mengisi Identitas pada Formulir-Formulir Seminar : FORM01, FORM03, FORM04 dan FORM05
- Mahasiswa mengumpulkan FORM01 dan Draft Skripsi secara Hardfile ke Ibu Indri [Staff Komdik]
- Mahasiswa melengkapi SYARAT DOKUMEN
- Batas pendaftaran seminar H-7 dari JADWAL SEMINAR POSTER
- Mahasiswa mendaftar seminar pada link DAFTAR SEMINAR
- Mahasiswa konfirmasi pendaftaran ke Staff Komdik secara TATAP MUKA
- Staff Komdik mengirimkan Undangan & Draft Skripsi ke Dosen Pembimbing & Moderator/Penguji
PENDAFTARAN SEMINAR POSTER :
Kontak :
- Ibu Indri [0856-8852-019] [Mahasiswa Sarjana]
KELAYAKAN SKRIPSI
Kelayakan adalah tahap yang harus dilalui mahasiswa sebelum mendaftar sidang komprehensif tugas akhir. Proses kelayakan dilakukan setelah mahasiswa melaksanakan Seminar Hasil Penelitian dan memperbaiki Draft Skripsi atas koreksi dari Seminar Hasil Penelitian tersebut. Kelayakan Skripsi dilakukan oleh mahasiswa sebelum menjalani sidang Tugas Akhir. Proses kelayakan skripsi harus dilewati oleh mahasiswa dengan memberikan draft skripsi kepada komdik sebanyak 2 eksemplar untuk didistribusikan kepada Tim Kelayakan.
Proses kelayakan ini melibatkan Komisi Kelayakan:
- Komisi kelayakan bertugas untuk memberikan penilaian terhadap laporan tugas akhir mahasiswa (penilaian dilakukan pada form yang telah disediakan). Setiap mahasiswa sudah memiliki tim kelayakan masing-masing.
- Komisi kelayakan memiliki waktu maksimal 2 minggu untuk menilai terkait dengan substansi atau pembahasan mengenai hasil penelitian yang dilakukan, format penulisan dan isi secara keseluruhan.
PERSYARATAN DOKUMEN :
- Draft Skripsi Hardfile & Softfile [2 versi : *.doc & *.pdf]
- FORM02 [*.doc]
- FORM03P1, FORM06P1, & FORM07 yang sudah diisi [Untuk Penguji 1; terpisah; *.doc]
- FORM03P2 & FORM06P2 yang sudah diisi [Untuk Penguji 2; terpisah; *.doc]
- Penamaan dokumen mengikuti : Ahmad_G84190001_Nilai Kelayakan
PROSES PENDAFTARAN KELAYAKAN :
- Mahasiswa telah menyelesaikan Seminar Hasil Penelitian
- Mahasiswa mengunduh & mengisi Identitas pada Formulir Proses Kelayakan : FORM02, FORM03P1-P2, FORM06P1-P2, FORM07
- Mahasiswa melengkapi SYARAT DOKUMEN
- Draft Skripsi MOHON JANGAN DI KUNCI ATAU DI PROTECT UNTUK MEMUDAHKAN DOSEN PENGUJI MEMBERI CATATAN
- Mahasiswa mendaftar Proses Kelayakan pada link DAFTAR KELAYAKAN
- Mahasiswa konfirmasi pendaftaran ke Ibu Indri [Staff Komdik] secara TATAP MUKA dan mengumpulkan SYARAT DOKUMEN Hardfile
- Staff Komdik mendistribusikan Dokumen untuk dilakukan proses kelayakan kepada Penguji 1/Ketua Tim Kelayakan [P1] dan Penguji 2 [P2]
PENDAFTARAN KELAYAKAN :
Kontak :
- Ibu Indri [0856-8852-019] [Mahasiswa Sarjana]
SIDANG KOMPREHENSIF
Sidang Komprehensif Tugas Akhir adalah sebuah kegiatan yang merupakan puncak dari pelaksanaan tugas akhir dan akan menentukan kelulusan mahasiswa dari kegiatan penelitian tugas akhir. Sidang bersifat tertutup dan dihadiri oleh semua pembimbing dan penguji serta mahasiswa yang bersangkutan. Sidang dilaksanakan maksimal selama 2 jam, dan di akhir sidang harus diputuskan apakah mahasiswa dinyatakan lulus atau tidak.
PERSYARATAN DOKUMEN :
- Foto 3×4 [2 lembar]
- Sertifikat TOEFL/setara [masih berlaku]
- Nilai Aktivitas Penelitian dari salah satu Pembimbing [FORM08; *.doc]
- Kartu Kolokium, Kartu Seminar, Kartu Konsultasi
- Surat Keterangan Bebas Lab
- Form Pendaftaran Sidang Kompre [FORM01; Hardfile]
- Berita Acara & Nilai Sidang Kompre 3 rangkap [FORM04 & FORM05; untuk Penguji 1&2 serta Pembimbing; *.doc]
- Hasil Kelayakan Skripsi : FORM03P1-P2, FORM06P1-P2, FORM07; *.doc
- Penamaan dokumen mengikuti : Ahmad_G84190001_Nilai Skripsi
PROSES PENDAFTARAN :
- Mahasiswa Mengunduh & Mengisi Identitas Formulir Sidang Kompre : FORM04, FORM05, FORM08
- Mahasiswa konfirmasi ke Ibu Indri [Staff Komdik] secara TATAP MUKA terkait kelengkapan SYARAT DOKUMEN SIDANG KOMPRE
- Komdik mem-VERIFIKASI Status Pembayaran SPP & Transkrip Nilai dari SIMAK. Jika lolos VERIFIKASI, Komdik menyerahkan Hasil Kelayakan Skripsi ke Mahasiswa diantaranya : FORM03P1-P2, FORM06P1-P2, FORM07
- Mahasiswa me-Scan Dokumen Hasil Kelayakan Skripsi tsb untuk di-Upload
- Mahasiswa konfirmasi JADWAL SIDANG ke Staff Komdik secara TATAP MUKA atas Kesepakatan Pembimbing dan Penguji serta mengisi FORM01 [Hardfile]
- Mahasiswa mendaftar Sidang Kompre pada link DAFTAR SIDANG dan Upload SYARAT DOKUMEN
- Mahasiswa konfirmasi pendaftaran ke Ibu Indri [Staff Komdik]
- Komdik mengirimkan Undangan & Dokumen lainnya ke Pembimbing & Tim Penguji
PENDAFTARAN SIDANG KOMPRE :
Kontak :
- Ibu Indri [0856-8852-019] [Mahasiswa Sarjana]